Jumat, 04 Februari 2011

Cara membuat Blogspot dengan mudah

Posted by Warna Warni | Jumat, 04 Februari 2011 | Category: |

Awalnya saya berpikir membikin blog itu sulit kaya bikin program gitu :D (inget zaman perjuangan dulu hihi..) tapi setelah mendengar penjelasan dari rekan-rekan saya bahwa bikin blog itu mudah, cepat dan gratis pula hehe.. Akhir nya saya pun mencoba memulainya (ini salah satu blog percobaan saya)..

Gambar 1
Langkah awalnya mudah sekali lho.. teman-teman bisa membuat blognya dengan menggunakan blogspot ataupun wordpress. tapi saya baru paham bikin dengan blogspot. Kalo bikin lewat wordpress saya masih dalam pembelajaran juga :D Langkah pertama : teman-teman bikin email dulu dengan menggunakan yahoo, gmail atau apapun dech. kemudian klik alamat blogger ini. Maka akan muncul tampilan seperti disamping ini (Gambar 1). Kemudian pilih Memulai atau Get Started. Maka akan muncul tampilan di bawah ini:


Kemudian isi form tersebut. Adapun penjelasannya yaitu :
  • Alamat Email : isi dengan alamat email yang dimiliki
  • Ketik ulang alamat email : tuliskan kembali alamat email tadi.
  • Masukan sebuah password : isi dengan password yang diinginkan minimal 8 karakter.
  • Ketik ulang sandi : tuliskan kembali password tadi
  • Nama tampilan : Nama yang akan ditampilkan pada hasil postingan.
  • Ulang tahun : isi hari ulang tahun anda dengan format yyyy-mm-dd
  • Verifikasi kata : isikan sesuai dengan kata yang terlihat pada gambar
  • Penerimaan persyaratan : klik pada check box yang tertulis saya menerima Persyaratan dan Layanan. dengan mengklik ini berarti anda setuju dengan peraturan-perauran yang ada. Untuk mengetahui persyaratannya, anda klik saja tulisan Persyaratan dan Layanan.
Kemudian klik tombol Lanjutkan.. apabila semuanya sudah terisi dengan baik dan sudah sesuai dengan ketentuan maka akan muncul tampilan berikut ini :
Gambar 3
Penjelasannya yaitu :
  • Judul Blog : merupakan judul dari blog yang anda buat, anda dapat mengisinya sesuai dengan keinginan anda (biasanya yang menarik hehe). apabila blog blog sudah jadi, anda dapat mengubah judul blognya lagi sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Alamat Blog (URL) : merupakan nama alamat dari blog yang dibuat. Misalnya  isi dengan "semangat" maka alamat blognya http;//semangat.blogspot.com. kemudian klik Cek Ketersediaan untuk memerikasa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakan. Jika sudah ada yang menggunakan maka akan muncul "Maaf alamat blog ini tidak tersedia", ini berarti anda harus mengganti dan mencari nama yang lain yang belum digunakan untuk blog anda. dan apabila alamat tersebut bisa digunakan maka akan muncul "Alamat blog ini tersedia", ini berarti anda bisa menggunakan nama tersebut  untuk alamat blog anda. 
Jika sudah diisi semua dengan benar, klik Lanjutkan. Maka akan muncul tampilan pemilihan tamplate berikut ini :
Gambar 4
Tamplate ini merupakan design tampilan untuk blog yang kita buat. Anda dapat memilih design tampletenya sesuai dengan keinginan anda. Apabila sudah menemukan tamplate yang diinginkan. klik lanjutkan. maka akan muncul tampilan berikut :
Gambar 5
Ini berarti proses pembuatan blog yang anda buat telah selesai dan sudah bisa digunakan. Untuk memulai ngeblogging anda klik tombol Mulai Blogging pada tampilan tersebut. Maka akan muncul tampilan untuk memposting (membuat artikel). Anda bisa menulis/membuat artikel (memposting) dengan bahasan yang anda inginkan. Misalnya tentang kehidupan sehari-hari anda, film, musik dan lain-lain. Nah,, sekarang giliran anda untuk mempraktekannya.. Selamat mencoba ^_^ semoga catatan ini bermanfaat ya.

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Anime Myspace Comments