Selasa, 01 Maret 2011

Tips Belanja Online Bagi Pemula

Posted by Warna Warni | Selasa, 01 Maret 2011 | Category: |

Belanja di butik online adalah hal yang menyenangkan, kegiatan ini sangat praktis bagi penjual, tidak perlu membuka toko dan hemat biaya. Sedangkan bagi pembeli, Anda bisa window shopping gratis dan mendapatkan kenyamanan berbelanja yang mudah.

Meskipun menguntungkan untuk kedua pihak, namun belanja online juga berisiko. Maraknya berita mengenai penipuan ketika berbelanja di butik online banyak membuat orang was-was dan ragu. Lantas bagaimana cara menghindari penipuan dalam berbelanja online? Ikuti tips nya berikut ini:
  1. Cek guestbook website penjual dan testimoni
  2. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kredibilitas penjual yang sebenarnya. Setidaknya Anda dapat tahu komentar pembeli lain yang puas dengan service dan produk yang dijual dari para pembelinya. Hal ini bisa memberikan sedikit jaminan bahwa penjual tersebut memiliki reputasi yang baik.
  3. Cari informasi
  4. Butik online yang pernah direview di website atau majalah fesyen tentu akan lebih meyakinkan. Selain itu butik online yang ditangani oleh pemiliknya sendiri juga dapat lebih dipercaya.
  5. Berhati hati dalam bertransaksi
  6. Sebisa mungkin tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja di butik online. Informasi standar yang Anda berikan pada penjual adalah nama, alamat, nomor telepon atau nomor rekening untuk mengembalikan uang sekiranya terjadi refund. Ketika melakukan order, pastikan kembali nomor telepon dan alamat butik online tersebut dengan jelas.
  7. Belanja dalam kuantitas kecil
  8. Jika Anda belum yakin dengan kredibilitas penjual, cobalah membeli dalam kuantitas kecil. Apabila barang yang datang tidak sesuai dengan harapan,Anda tidak terlalu kecewa
  9. Ikuti kata hati
  10. Jika Anda ragu terhadap penjual dan melihat kurang proposional dari penjual (misalnya konfirmasi yang sangat lama, kata-katanya ketus, alasan dan janji yang kurang masuk akal, nomer rekening yang berganti-ganti, dan data penjual yang kurang lengkap). lebih baik Anda tidak melanjutkan transaksi atau melakukan Cash on Delivery (COD) dengan penjual tersebut.
  11. Cash on Delivery
  12. Beberapa butik online tidak memiliki sistem COD. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bertemu langsung dengan penjual dan bertransaksi. Kedua pihak akan diuntungkan dalam hal ini. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa bertransaksi dengan sistem down payment (DP) yang tentu saja harus berdasarkan persetujuan bersama.
Sumber : wanita gaya

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Anime Myspace Comments