Senin, 14 Maret 2011

Tips Hilangkan Lingkaran Hitam Sekitar Mata

Posted by Warna Warni | Senin, 14 Maret 2011 | Category: |

Lingkaran gelap di sekitar mata biasanya terjadi akibat kelelahan atau kurang tidur sehingga membuat pemiliknya nampak lebih tua.

Lingkaran gelap juga diakibatkan kulit yang sangat tipis di sekitar mata, sehingga pembuluh darah di area ini gampang terlihat. Alergi, terlalu banyak merokok, paparan sinar matahari atau penyakit tertentu juga membuat daerah sekitar mata menghitam.

Untuk menghilangkan lingkaran hitam akibat kelelahan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Modern Mom.
  1. Kompres dengan air dingin atau gunakan kantung bekas teh yang telah dingin, irisan mentimun dingin, masker jel yang didinginkan atau sekantong kacang polong beku dalam sebuah handuk. Diamkan di sekitar kantung mata selama 15-20 menit. 
  2. Hindari berbaring horisontal karena menyebabkan penumpukan cairan yang menimbulkan mata bengkak. Gunakan dua bantal saat tidur. Kongesti hidung adalah penyebab lain lingkaran di bawah mata, sehingga membersihkan atau menyemprot hidung bisa membantu mengurangi lingkaran hitam.
  3. Kosmetik dapat mengurangi lingkaran gelap di mata, di antaranya krim yang mengandung retinol, vitamin K, vitamin C dan vitamin E. Vitamin K dapat mengecilkan pembuluh darah, dan retinol membantu membangun kolagen. Gunakan concealer warna peach untuk menutupi lingkaran mata kebiruan dan hindari concealer warna putih atau abu-abu. Hindari juga produk kosmetik yang mengandung asam salisilat atau glikolat dan produk beraroma yang membuat alergi dan bengkak memburuk.
  4. Untuk solusi jangka panjang terutama bagi yang memiliki kulit tipis, konsultasikan dengan dokter kulit. Terapi laser, pengelupasan kimia atau operasi untuk kelopak bengkak dan menyuntikkan cekungan penyebab bayangan hitam biasanya dilakukan di klinik kosmetik. Apabila kantung mata terus membengkak, menunjukkan kemungkinan gejala ginjal. Sebaiknya periksakan ke dokter. (kd)

Sumber :  VIVAnews

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Anime Myspace Comments